adit’S Blog
Just an Etekewer Blog

Ponari Sweat

n1514934461_30195175_6025

Ni dia kabar yg menghebohkan, yaitu dukun cilik yang bernama Muhammad Ponari,  bocah lelaki berusia 10 tahun dari Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Jombang, itu memiliki sepotong batu yang dipercayai mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kabarnya kemampuan menyembuhkan penyakit didapat setelah Ponari disambar petir awal bulan Januari kemaren. Setelah disambar petir Ponari mendapatkan batu ajaib, yg sekarang digunakan untuk penyembuhan dengan cara dicelupkan kedalam air.

Ga tanggung-tanggung pasien yang datang berobat jumlahnya ribuan, bahkan kabar terakhir pasien yang datang jumlahnya mencapai 15.000 orang per harinya (wow dasyat kan). Saking banyaknya yang antri, sempat terdapat korban jiwa karena saling berdesakan mengantri untuk berobat. Antrian menuju rumah Ponari pun mencapai 5 km. Untuk sementara praktik Ponari dihentikan sementara, namun kabarnya akan dibuka kembali. Orang tua Ponari juga mengungkapkan bahwa praktik pengobatan akan ditutup agar Ponari bisa melanjutkan sekolahnya kembali.

Hebohnya kabar Ponari jg sempat dibahas di DPR, fenomena yg terjadi dianggap karena mahalnya biaya untuk berobat ke dokter. Tapi hal tersebut dibantah oleh pemerintah, pasalnya untuk pengobatan bagi yang tidak mampu akan ditanggung oleh pemerintah. Hmm tp dipikir2 berobat ke puskesmas menurut pengalaman  gw jg ga mahal kok, hanya IDR 2500 untuk biaya registrasi, setelahnya biaya pemeriksaan n obat gratis. Mungkin juga orang2 tersugesti jadi beranggapan air celupan Ponari bisa menyembuhkan, well who knows. Tapi percaya ga percaya banyak yg bilang air tersebut manjur.

Bahkan sekarang pasca ditutupnya praktik pengobatan Ponari, banyak orang yg berpikiran kreatif tapi nyleneh, yaitu mengambil tanah disekitar rumah Ponari untuk digosokkan ke tubuh mereka atau untuk keperluan yg lain (lama2 apa ga ambruk tuh rumahnya Ponari), bahkan sampe mengambil air buangan dari kamar mandi Ponari. Mereka beranggapan dan berharap akan mendapatkan khasiat yg sama seperti pengobatan Ponari.

Menurut gw daripada ngantri ampe berkilo2, berdesak2an, apa ga lebih baik air minumnya dibikin model kemasan atau isi ulang, jadinya kan ga perlu antri n ga ada korban jiwa. Waaah jan kabar dinegeri ini emang ada2 aja. Tapi alangkah baiknya jika kita meminta pertolongan dari Allah, karena sakit, sehat, hidup dan mati adalah Allah yg menentukan, dan tiada pertolongan yg tidak sanggup Allah berikan kepada hambanya. Manusia memang wajib berusaha dan berikhtiar namun jangan lupa untuk tetap meminta pertolongan dari-NYA.

4 Tanggapan to “Ponari Sweat”

  1. Bos, numpang nyolong gambar !

    *peace

  2. hoehoehoehoe jan indonesia, indonesia, kapan bisa maju?

  3. Wah, dokter umum bisa gak laku, apalagi dokter hewan. ^_^

  4. >>>andre saputra : monggo
    >>>kampanye damai : kira2 kapan ya? (lho kok balik nanya, huehehe :-p)
    >>>rikza : wakakaka kayanya ada dokter yg lagi khawatir ney :-p


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: