adit’S Blog
Just an Etekewer Blog

1 Muharam, naek gunung Sindoro aja

Gunung Sindoro

1 Muharam / 1 suro / tahun baru islam, bagi sebagian orang jawa tanggal ini memiliki arti khusus, ada yang dikaitkan dengan mistis sehingga kesannya tanggal ini sangat sakral, sehingga diadakan ritual, sesaji, atau apalah yang berkaitan dengan mistis. Bagi lo semua yg keturunan jawa (jawa tengah khususnya) pasti pernah denger petuah orang tua yang bunyinya : ini malam satu suro, jangan maen larut malem, ora ilok (ga baik), atau tidak melakukan hajatan di bulan suro (muharam) karena dianggap kurang baik. Padahal ni bulan seharusnya kan menandai bergantinya tahun dalam kalender islam, apa yang ditakuti, n apanya yang buruk? Karena pada hakekatnya ga ada bulan yang buruk / jelek dalam islam. Ngemeng2 soal satu suro, terlepas dari mitos2 yang menempel, bagi lo smua yang suka ma petualangan alam bebas, khususnya naek gunung, gw kasih tau kalo pada tnggal itu lo punya rencana naek gunung, lo mesti coba naek gunung Sindoro. Why? karena pada tanggal itu satu2nya lo bs naek gunung tanpa membawa bekal yang cukup banyak, cos diatas / dipuncaknya ada banyak pedagang, mulai dari mie rebus, mie ayam, soto, bakso, ato nasi rames sekalipun.

Penjual minuman hangat pun banyak, kopi, teh, jahe, ato susu tinggal pilih. Harganya pun ga mahal. Kalo lo pikir gw boong, silahkan tanya aja ma yang pernah naek kesana pas malem 1 suro, ato tanya penduduk sekitar sono, cos dua kali gw kesono pas malem satu suro, suasananya kaya yg gw critain. Jadi lo tinggal bawa peralatan seperlunya aja, ma bekal secukupnya, tenda / sleeping bag, jacket/sweater, jas hujan, air mineral bwt di perjalanan, ma makanan ringan secukupnya, selebihnya lo bs dapetin makanan n minuman diatas, dengan beli tentunya. Jd buat lo smua yg pengen ngisi kegiatan positif pada malem satu suro, n lo suka ma petualangan,lo coba deh naek gunung Sindoro, pasti asik, menarik n ga pake mistik, n dijamin banyak temennya, soalnya yang naek sono banyak banget, walaupun kepentingannya beda2, dari mulai yang pecinta alam, bersih gunung, seneng2, maupun yang semedi.

Oke deh semoga bermanfaat infonya.

nb:

1. percaya ga percaya kalo setiap gunung pasti ada “penghuninya”, so asalkan kita bisa menjaga sikap n kelakuan serta bekal cukup n fisik yang prima, InsyaAllah semua berjalan lancar.

2. crita gw diatas menurut pengalaman gw naek taun 2002 n 2003

9 Tanggapan to “1 Muharam, naek gunung Sindoro aja”

  1. Krn 1 Suro skrg dh lewat,boleh jg tuh taun dpn k Sindoro,tp bkn bwt berpetualang…tp ngikut jualan mie rebus,kopi panas sm gorengan…wkwkwkwk…
    Lumayan taun baru dapet rejeki!

  2. >>heni
    πŸ˜€ wakakakak boleh jg tu idenya,πŸ˜€

  3. yang penting jangan lupa kue lepetnya…

  4. cah ngganen
    boleh juga tuh bisnis di puncak sindoro kalo perlu bawa grobag dari bawah…

  5. asyik juga tuh kalo perlu bawa grobag dari bawah…

  6. Wah kalo gitu jualan jagung bakar asyik dong….

  7. kyak’e asyik juga tuh naik2 gunung turun gunung,,.,.

  8. mas Bro, naiknya lewat jalur mana ….thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: